Sabtu, 18 Juli 2009

Kesembilan Syracusian


Sebelum menulis ini, saya masih saja heran dengan diri saya sendiri. Saya selalu bertanya-tanya, mengapa untuk menulis tentang kenangan bersama sahabat-sahabat saya sendiri rasanya begitu sukar, bahkan hampir tak ada ide. Rasa-rasanya waktu saya menuliskan puisi buat Ohioans menjelang keberangkatan mereka ke Indonesia begitu mudah dan begitu mengalir. Walaupun saya tidak bersama mereka, karena saya hanya melihat foto-foto, video dan membaca wall mereka di FB. Saya yang hanya bertemu para Ohioans waktu PDO di Jakarta dan bisa membuatkan mereka puisi. Tapi teman-temanku yang bersama selama 8 minggu sama sekali tak ada cerita yang bisa kubagi dan kugambarkan. Baru setelah 3 hari di kota tersayang (walaupun masik shock dengan segala kesemrawutan kota ini) baru saya mulai bisa untuk menuliskan mereka. Menuliskan segala apa yang bisa kutulis, apa yang bisa kembali kuingat.

-Saya mulai dengan ketua tim laki-laki. Namanya Bagus Handoko

Bagus handoko atau yang biasa dipanggil dengan nama Bhe atau B atau Bee(kalau ini sangat benar, karena dia bisa menyengat wanita dengan monyongnya yang tajam, sampai-sampai bunga Lavender pun tunduk dan layu dihadapannya). Saya masih tidak ada ide sama sekali apakah dia memang mempunyai jiwa kepimimpinan yang sejati atau tidak. Tapi saya tau bahwa pada awal-awal kami bersama dia, dia berusaha menjadi ketua yang penuh tanggung jawab dan berusaha menampakkan wibawanya. Semua hampir terkendali dan begitu bagus didalam kontrol dia. Saya pribadi merasa dia begitu bertanggung jawab ketika saya habis terjatuh di tempat ice skating karena berusaha mendorong Gunar (rasain lu met). Dia bilang, kalau saya menjadi tanggung jawabnya (walaupun dia harus meninggalkan si Lavender). Menemaniku tuk mencari shelter bus dan bersama-sama menuju ke dorm tercinta, Shaw Hall. Tapi kepemimpinannya mulai merenggang ketika dia benar-benar telah dimabuk cinta oleh si Lavender. Mulai tidak memenuhi komitmen, membatalkan acara seenaknya atau bahkan tak acuh dengan anggota-anggota dan kegiatan yang akan dilakukan (hahahahahha..peace bhe). Jujur bhe, saya begitu berharap pada malam terkhir, kita menghabiskan waktu bersama-sama dan saling curhat-curhatan , which is , we even didn’t get that opportunity until now. I really do hope it happen. Tapi sayang kamu sibuk dengan ‘bungamu’ , jadi tak ada yang koordinasi. Oh iya, I love ur sketches.. Keep dig ur talent.

NP: Hal terkonyol yang kamu lakukan adalah ketika kamu dengan PeDenya langsung keluar dari stage setelah nari Sajojo. Sapa suruh datangnya telat, jadi gak sempat ikut rehearsal. Week…

-Berikut adalah ketua tim perempuan. Namanya Rezky Khoirina Torihoran

Rezky atau yang biasa dipanggil dengan QQ sampai sekarang masih menyimpan misteri buatku..saya masih wonder, kok bisa kamu selalu menyelesaikan semua jenis tes dengan begitu cepat? Entah itu dikelas, Michigan atau TOEFL. Anak medan ini memang hebat. Tapi kadang-kadang orangnya lebay. Kalo menceritakan sesuatu kadang-kadang berlebihan..hahahahha. Cukup banyak make perasaan, khususnya kalo berhubungan ma lelaki (ooopssss). Makanya dia bisa cepat ‘suka’ ma si ‘onta’. (Saran saya ki, kalo jadi perempuan itu, jangan terlalu sering menggunakan perasaan kalo berhadapan ma lelaki, nanti bakalan gak enak lho).^_^. Kadang-kadang bisa jadi kasar sekali (ingat gak waktu kamu cubit Muhyin di kamar kami?). kamu juga suka me-romanticize everything.

NP: Saya tak tau kapan saya akan foto memakai bando sambil minum kopi di Starbucks.hahahahha.

-Yang ketiga adalah teman sekamarnya si Bhe. Donal Fariz

Ini dia presiden yang tidak berhasil meyakinkan konvensi kalau Indonesian Day itu tidak perlu,hohohohoho, dan the first offender itu adalah saya. Dia mungkin adalah orang yang paling dewasa diantara kami bersepuluh. Tidak terlalu suka bercanda, tapi kalu bercanda kadang-kadang jayus (buka gorden ruang mandi lelaki, cerita yang hampir lucu dan menarik handuk ketika saya benar-benar tidak menggunakan apa-apa). Teman abadinya si Muhyin. Donal itu orang yang kalau cerita selalu diperpanjang (dasar, mentang-mentang anak hukum). Orangnya juga biasa lebay ketika sudah berhubungan dengan pacarnya, sampai-sampai Laptop muhyin diboyong kekamarnya sampai pagi hanya tuk YM-an bersama sang kekasih hati.

NP: Hal yang berani yang kamu lakukan adalah pergi ke ‘kota terlarang’ dengan membawa dua gadis-gadis itu. Gimana perasaan kamu, ribet gak bawa dua tuh makhluk? (ki, jus, peace..!!!)

-Selanjutnya adalah teman kamar si QQ. Jusni

Anaknya semangat sekali dalam pelajaran, semua tugas benar-benar well prepared. Sampai-sampai dia mengkhianati saya dan QQ tuk ikut dekelasnya si Gery dan telat ikut latihan sebelum Indonesian day. Terkadang anaknya manja, cukup keras kepala dan kadang gak bisa baca situasi.hahahahha (kalo mau komen entar aja jus). Paling suka difoto tapi jarang mengambil foto orang :P. Orangnya cepat sedih kalau dapat nilai jelek dalam pelajaran. Lumayan cerewet, dan biasa bicara hal-hal yang gak penting dalam kelas (sampai Daniel bilang kamu lucu ^_^).

NP: harus konsisten dalam masalah percintaan (kamu tau kan maksudku..^_^)

-Yang kelima adalah teman abadinya si Donal : Muhyin

Kadang exciting skali kalau menemukan hal baru (just like me) dan suaranya juga kadang besar sekali kalau ketawa (sekali lagi just like me). Anak ini paling malas buka pintu kalau ada orang yang berkunjung ke kamar dan tidak bisa lepas dari chatting walau sehari. Katanya si Dendi sih, orangnya gak romantis, saya gak tau dia lihat dari sisi mana, tapi kayaknya benar deh. Kalau dia punya pacar, pasti dia gak romantis (hehehehe). Mukanya aneh karena tidak diterima di setiap ras bangsa apapun. Di Indonesia nggak, di cina nggak, di korea nggak apalagi di amerika. Punya kemampuan yang bagus dalam mengekpresikan kekesalan, karena dia langsung blak-blakan (tidak sama dengan beberapa orang yang kadang menyimpannya dalam hati). Selalu bilang lapar..lapar..lapar..tapi tidak gemuk-gemuk juga, justru yang tambah gemuk adalah teman sekamarnya. Barang bawaanya hampir mrngalahkan si gunar dalam segi ketidakefisienan, sampai-sampai bawa sendalnya 2 dan sepatunya 3 (tapi jangan khawatir yin, tissue yang kamu bawa berguna kok.hahahaha). suka stretch kalo bangun tidur sambil mengeluarkan suara yang tidak penting, apalagi kalau baru bangun pagi.

NP: Thanks telah menjadi teman sekamar yang baik. Saya tau pada akhir-akhir kebersamaan kita, hubungan kita agak renggang. Tapi itulah hidup. ~_^…still, I love u …muacchhhh.

-Daftarberikutnya adalah Ima fitriah.

Mmm….pusing mau mengambarkan ima seperti apa. Tapi yang jelas, dia itu orangnya introvert. Rajin tuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Orangnya juga begitu independen dan tidak terlalu suka dengan kami-kami kalau kebanyakan bercanda. Orangnya tidak muluk-muluk karena sukanya sama produk dalam negeri (looo..hayo..).sejauh yang saya lihat, Ima itu orang yang cukup pekerja keras.

NP: Masukan saya adalah, agar Ima menjadi pribadi yang lebih percaya diri, lebih terbuka dan flexible dalam pergaulan..:D. oh iya, ungkapkan apa yang mau diungkapakan, mumpung produknya barang lokal..hahahahhaa.

-Teman sekamarnya si Gunar. Dendi Wijaya

Jika bercerita tentang orang ini, maka akan ada beberapa soundtracks yang akan mewakili dirinya seperti:

  • Yuta..yuta yuta yuta..yuta yuta shimada…..2X
  • Berkibarlah, bendera negeriku (rambutnya terus berkibar)
  • Muka dendi jelek….

Sampai sekarang masih misteri bagiku, bagaimana caranya sehingga rambut Syracusian yang satu ini terus berkibar. Kebiasaannya juga kadang-kadang aneh, duduk sendirian di Bus atau duduk sendirian di dining hall. Orangnya enak diajak bercanda karena dirinya selalu ngeles dengan komen yang tidak terduga-duga. Tapi pas ketawa, matanya tidak kelihatan, entah disimpan di organ tubuh bagian mana. Pas senyum, bibirnya selalu dibuat imut-imut gitu, kadang-kadang bikin jijay deh :P . Dendi adalah tipe orang yang tidak ribet, orangnya simple dan bicara begitu bersemangat ketika sedang mengemukakan pendapatnya. Dia juga satu-satunya orang yang tidak pernah digosipkan jatuh cinta, menyukai dan disukai seseorang atau punya friksi antara sesama kesepuluh syracusian. Sampai sekarang saya tidak tahu alasan mengapa dia begitu jijik melihat saya menari konyol di depannya.

NP: Pelajaran yang paling penting yang saya ambil dari kamu adalah ketika masih di Jakarta, menjelang keberangkatan. Ingat soal keluhan saya kepada orang tua?

-Wanita yang paling dewasa diantara ladies-ladies. Umma Aula

Ini dia wanita tempatku curhat. Saya tak tau juga kalau dia bisa menyimpan rahasia atau tidak, tapi yang jelas keesokan harinya, temen-teman sudah pada tau kalau semalam saya sempat curhat ma dia (mudah-mudahan isi pembicaraannya tidak dibocorkan.amin...). Orangnya tidak macam-macam dan punya minat yang besar tuk jadi seorang psikolog atau motivator. Tapi kadang mulutnya tajam juga ketika menyindir seseorang…hehehehhe..walaupun sudah berusaha diutarakan secara halus. Tapi itu bagus ma, daripada membicarakan orang dibelakangnya :D. Tatapan matanya kadang-kadang menyebalkan, soalnya dia telah dikutuk dengan mempunyai tatapan mata yang sinis. Walaupun dia sebenarnya punya mata yang indah..(jangan GeEr mbk…).

NP: Terima kasih atas waktumu tuk dengarkan saya. Saya akan berusaha merubah diri lebih maksimal lagi.

-Yang kesembilan , yang terakhir : My Gunar. Dzulgunar Muhammad Nasir

My gunar, the best of mine. Saya punya banyak cerita tentang kamu. Kadang-kadang saya berpikir untuk mencoba menjadi diri kamu selama sehari karena saya mau mencoba melihat dunia dari sudut pandang Gunar. Gunar ini adalah orang yang paling solid diantara kami bersepuluh. Paling perhatian, lucu dan paling banyak ambil foto :D. Saya tau ada waktu dimana Gunar sepertinya kesal entah terhadap siapa atau terhadap apa. Tapi Gunar tak pernah (atau saya yang kurang bisa membaca) mengutarakannya. Gunar adalah orang yang begtiu telaten mengajarkan Tarian Saman kepada kami-kami orang yang begitu banyak bercanda. Terimakasih atas tarian yang indah itu. Oh iya, ada banyak kosakata baru yang berasal dari orang yang satu ini. Kosa katanya dikompilasikan dalam buku yang berjudul ‘Gunarism Dictionary’ (dapatkan segera di toko-toko gaib terdekat di kota anda). Ada beberapa soundtracks yang berkaitan dengan Gunar, diantaranya:

  • Mariama..mariama..ta’dundung ta’ta’ dundung….2X
  • aaaAAAAAaaa…UUUuuuUUUUuu….UUU (Jacko, Earth Song )
  • Baby I can see u hello, u are my saving grace……

Orang ini bagus sekali kalau dibungkus terus dipajang dan sekali-sekali diajak bicara kalau lagi bosan..(maafkan saya nar). Tipe wanita yang dia suka adalah wanita yang berpakaian sopan dan tak jauh-jauh dari daerah asalnya, yaitu tipikal wanita aceh. Saya dan Gunar punya lambing persahabatan, yaitu Squirrel yang lagi berlari-lari di taman kampus (trims atas video itu). Nama squirrel itu adalah Ranug dan Milahum. Mudah-mudahan pertemanan dan persaudaraan kita dapat terus terjalin seperti keakraban squirrel itu yang saling kejar mengejar. I love u so much…

NP: Hal yang paling berkesan adalah kebaikanmu pada malam menjelang keberangkatan menuju ke Indonesia. Waktu saya sakit kepala dan hampir muntah, kamu sibuk ambilkan obat dan bahkan bermalam di kamarku. I do appreciate it. Really…..satu lagi, nanti kapan-kapan insyaallah saya kirim kacang buatan mamaku. Mudah-mudahan bisa.

Kesembilan temanku, Kesembilan syracusian

Tak tau kapan bertemu lagi

Hanya melalui foto dan video saya bisa menggapai kalian

Ketika jauh dinegeri orang, kalianlah yang menjadi keluargaku

Terima kasih atas pelajaran yang diukir oleh kalian diatas kanvas hidupku

Kata Sheila, smoga kita bisa menjadi kisah klasik tuk masa depan

Kata saya, smoga perteman dan persaudaraan ini akan tetap terjalin

Walaupun kekejaman jarak memisahkan kita

Kata saya, kalian telah membuat lubang dihatiku ketika berpisah dengan kalian

Karena kata saya, kalian Syracusian-ku

Kalian irreplaceable…

Tidak ada komentar: